Virtual Pilot 3d Huge Conversions!
100% real with real scenery, real cockpits and real aircraft! 
www.virtualpilot3d.com

Tujuan Utama Uraian Surah Al-Fatihah

Tujuan utama surah ini mengundang, lalu memelihara kesadaran tentang kehadiran Allah dan pengawasan-Nya kepada manusia. Itu sebabnya setelah menguraikan tentang rahmat dan kasih sayang-Nya serta kuasa-Nya memberi balasan, ayat surah ini disusul dengan menghadirkan-Nya di hadapan siapa yang membaca Mâliki Yaum ad-Dîn bahwa Dia sang penguasa Hari Kemudian selalu hadir dengan pengawasan dan pengetahuan-Nya terhadap seluruh kegiatan lahir dan batin makhluk serta hadir pula dengan bantuan dan ganjaran-Nya bagi yang taat. Kehadiran dan pengawasan-Nya itu dicerminkan lebih jauh dengan pengajaran bagaimana berdialog langsung dengan-Nya Iyyâka Na'budu wa Iyyaka Nasta'in/Hanya kepada-Mu kami mengabdi dan hanya kepada-Mu kami memohon pertolongan.




Redaksi tersebut dihadapkan langsung kepada Allah laksana bertatap muka dengan wajah-Nya. Makna tentang kehadiran, pengawasan, dan bantuan Ilahi itu tercermin pula dalam riwayat Imam Muslim, at-Tirmidzi, an-Nasa’i, Ibnu Majah, dan lain-lain melalui Abu Hurairah yang menyatakan bahwa Allah, dalam sebuah hadits Qudsi, berfirman:




"Aku membagi salat (Al Fatihah) antara diri-Ku dan hamba-Ku menjadi dua bagian, dan untuk hamba-Ku apa yang dimohonnya. Maka bila dia membaca: Al Hamdu Lillahi Rabbi al-'Alamin, Allah menyambut dengan berfirman: "Aku dipuja oleh hamba-Ku."




Bila dia membaca: "Ar-Rahman ar-Rahim," Allah berfirman: "Aku dipuji oleh hamba-Ku." Bila dia membaca: "Malik Yaum ad-Din." Allah berfirman: "Aku diagungkan oleh hamba-Ku." Di kali lain Allah berfirman: Hamba-Ku berserah (diri) kepada-Ku, lalu bila dia membaca: "Iyyaka na'budu wa Iyyaka Nasta'in, Allah berfirman: "Ini antara Aku dan hamba-Ku, dan buat hamba-Ku apa yang dimohonkan.” Dan bila dia membaca: Ihdina ash- Shirath al-Mustaqim, Shirath al-Ladzina An'amta 'Alaihim, Ghairi al-Maghdhub 'Alaihim wa La adh-Dhallin, Allah berfirman: "Ini buat hamba-Ku, dan buat hamba-Ku yang dimohonkannya".




Pelajaran dari Surah Al Fatihah
  1. Ayat pertama dalam al-Fatihah
  2. Ayat kedua surah al-Fatihah
  3.  Redaksi persona ketiga pada kalimat al-Hamdulillah
  4. Pernyataan bahwa Allah adalah Rabb al-'Alamin
  5. Firman-Nya bahwa Allah Pemilik Hari
  6.  Kata 'Kami” pada ayat ke-5 dalam al-faihah
  7.  Ayat ke-7 dalam al-fatihah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tolong berkomentar positive yaa .. Anda adalah pembaca yang baik dan anda harus berkomentar baik pula.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More